Selasa, 30 Desember 2014

Penglaman Pahit Belanja Online

Belanja online sekarang menjadi kemudahan bagi orang-orang yang mencari barang atau kebutuhan lainnya. Dengan berbelanja online juga kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas barang yang bagus. Tetapi sarana jual beli secara online ini menjadi lapak lapak gelap bagi oknum-oknum untuk melakukan kejahatan, seperti penipuan.

Pengalaman saya waktu kemarin adalah tertipu oleh oknum tersebut. Ceritanya, saya lagi butuh gadget dan mulai mencari-cari yang cocok. Saya gunakan akun facebook pribadi saya, lalu menemukan fanpge jual gadget yang tertulis dari yogya. Lalu saya hubungi kontak yang ada disana, diangkatlah telepon oleh laki-laki. Saya mulai tanya-tanya soal harga, sistem pembayaran dan pengiriman barang.

Ini baru pertama kali saya beli gatget secara online, tapi saya sudah biasa beli buku dan perlengkapan lainnya. Setelah deal dengan harga gatged yang Rp.1.000.000,- saya tanya kembali bagaimana sistem pembayaran dan pengiriman barangnya. Lalu dari pihak penjual mengatakan, saya orang baru dan harus transfer total harga yang harus saya bayar sebelum barang dikirim.

Ceritanya saya kirim lah itu uang, dan mulai menanyakan no resi pengiriman barang. Tapi seharian tidak ada kabar. lalu saya telepon kembali, eh katanya barang yang dikirim ke alamat saya ada kesalahan packing. Dan barang di tahan JNE. Sontak saya tidak terima dengan itu, dan belum sadar kalau saya sudah di tipu. lalu saya tanyakan no resi, dan ternyata no resinya juga tidak bisa di berikan karena gatget yang saya pesan katanya ada kesalahan packing menjadi dua buah, Dari pihak penjual katanya tidak mau ambil resiko untuk memepercyakannya kepada saya. Saya garuk-garuk kepala, dan mulai sadar bahwa ini termasuk modus penipuan.

Bagi anda yang memang orang baru dalam jual beli online, saya sarankan untuk berhati-hati. Kalau anda beli apapun yang harganya lumayan besar, anda harus beli di situs terpercaya! jangan di facebook! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar